Skip to content

Teman Setia

March 23, 2013

Memang susah, Yin

Kalo dari kecil, kita liatnya melulu orang kelahi

Bukan indahnya kasih sayang penyejuk hati

yang hembuskan tentram menggugah inspirasi

Tapi nada-nada tinggi tanpa simpati

yang ingin pihak lain tampak buruk tiap kali bunyi

Persis kaya di TV

He..he..

Kalo kamu masih sering ngrasa kaya da yang sepi

meski lagi di tengah temen yang pada nikmatin suasana

Juga masih suka ngrasa harus keluar kumpul temen

karena sering gak nyaman kalo lagi ndirian di kamar

Kayaknya rada repot, Yin

Ni kan sama ja terus nelen obat

yang jelas-jelas gak manjur?

Kalo gini, Yin

yang kamu perangin gejala

bukan penyakit

Dijamin gak sembuh

bakal cuma makin tambah dosis

Pengalaman masa kecil yang gak enak itu, Yin

pasti da ngaruhnya, ke kamu sekarang

Ya iya, lah

orang sempat bertahun-tahun kamu alamin

Apalagi kalo tiap lagi pulang rumah

suasananya kadang masih agak gimana gitu..

Trus situasi lama ketemu dan teringat lagi:

Kamu gak nyaman ma orang deket

Sama yang satu ni kayaknya kamu perlu lebih awas, Yin

Maksudku

Meski temenmu banyak

Tapi kalo trus-trusan friksi ma orang deket

(entah deket karena kerjaan ato yang lain)

kan capek?

Kalo tiap kali ma orang critanya gitu

bukan gak mungkin ni da faktor kamunya juga, Yin

soalnya ‘role model’-mu emang gak ideal

(Eh, ni maaf lho, ya?)

Jangan salah paham, Yin

Bukan maksudku supaya kamu cuek ma keluarga

Gak, lah

Jangan, malah

Ni takdir, jadi trima aja

Toh emang kita gak bisa milih

Pingin lahir kapan ato jadi anak siapa, ya kan?

Jadi kalo soal rumah ato ortu, Yin

jalanin ja peranmu, bukan ngemasalahin peran mereka

kerjain yang kamu bisa, bukan musingin yang kamu gak bisa

Poinku, Yin

Daripada nyari obat dari luar mulu

kaya mbanyakin temen haha-hihi yang toh udah banyak

ato sibuk nuntut orang lain supaya lebih gini-gitu

(Eh, ni misalnya lho, ya?)

Mendingan mulai dari dalam dulu aja, Yin

Beres-beres ‘rumah’

Dari ‘home base’

Mulai dari diri sendiri

(Kaya soal suka gak betah di kamar kos tu)

(punya hobi mungkin bisa mbantu)

(paling gak ni mbiasain kita supaya fokus)

(Tapi please, please..)

(jangan nyari pelarian ke TV, okai?)

Trus terang

Ni perkara gampang diucap susah dibuat

perlu usaha

butuh mau

Tapi kamu punya modal ekstra, Yin

Ya pengalaman masa kecil yang gak asyik itu

Tontonan gak sehat itu

Intonasi-intonasi saling serang itu

Yang awalnya mungkin cuma khilaf lumrah

yang juga sering kita buat sehari-hari:

Lupa

abai melihara peduli

tapi keterusan

lalu semuanya jadi seperti yang sekarang ini

Ya udah kalo adanya gitu

Jadiin bekal aja, Yin

Biar kamu gak jadi orang yang gampang lupa

Biar kamu inget terus pesannya:

Jangan begitu!

Supaya sejarah gak berulang

Karena kamu tau persis akibatnya

ke bintang pertunjukannya ndiri

ato ke penontonnya

Percaya, Yin

Meski takdir gak bisa diutak-atik

Nasib bisa

paling gak, kita punya peluang

meski sering gak mudah

Tapi aku kenal kamu, Yin

Dan aku percaya kamu bisa

Dan memang kamu punya modalnya

Kita semua dikasih

tinggal pakai

Cuma modal ini punya tabiat, Yin

Makin sering dipake

Makin semangat dia njaga

ngelindungin..

ato bahkan menyelamatkan kita

(makin seperti gerak refleks)

Makin jarang dipake

Makin susah ngidupinnya

Tapi dia selalu ada

gak ke mana

Meski sebagai manusia kita sering terlalu tinggi hati

untuk berterima kasih atas pemberian ini

Sering terlalu malas

untuk sekadar mau menggunakannya

Tetapi karena sudah diperintahkan

(sama Yang Ngasih)

untuk selalu setia menemani kita

Maka dia hanya akan menyingkir sebentar

kalo kita sedang kehilangan diri kita sendiri

kalo kita sedang hilang waras

(misalnya karena mabuk ato lagi kalap)

Nama pemberian itu, Yin

teman kita itu,

Akal Sehat

++++++++++++++++*****

————————
(surat untuk seorang teman; Yin, bukan nama sebenarnya)

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s