Skip to content

YouTube kualitas DVD

February 5, 2013
Soal IT, t’Buko sangat bergantung pada budi baik banyak orang (terima kasih untuk semua bantuan, masukan, tips, diskusi, dan sumbangan file-nya). Jadi bisa dikatakan motif utama posting ini adalah ‘balas dendam’. Di sini kita akan sedikit membahas tentang satu-dua trik untuk men-download file Youtube yang kita sukai atau perlukan (agar bisa diputar kapan saja tanpa tergantung pada koneksi internet), sekaligus mendapatkan kualitas (gambar dan suara) yang lebih baik. Jadi meski secara konten posting ini (juga beberapa posting lain dengan kode pewarnaan seperti ini) mungkin berbeda dari posting blog ini pada umumnya, paling tidak secara semangat masih sama: berbagi. Mudah-mudahan bermanfaat.

Men-download Youtube

Cara paling umum men-download Youtube adalah dengan perantaraan situs atau menggunakan aplikasi. Berdasarkan pengalaman, menggunakan aplikasi (yang baik, tentu saja) cenderung sering lebih aman, efektif dan efisien. Salah satu aplikasi yang memenuhi ketiga kriteria tersebut adalah add-on pada browser Mozilla Firefox.

Uji coba untuk tulisan ini dilakukan dengan menggunakan OS (Operating System) Windows XP dengan browser Mozilla Firefox. Jika Anda pengguna Mac, mungkin bisa mempertimbangkan Macx Youtube Downloader. Sedangkan bila Anda adalah pengguna Linux, kecil kemungkinan hal seperti ini menjadi masalah bagi Anda (Apa!? Internet Explorer? Hari géné!? 😯 ).

Mudah, kok. Buka saja link ini:

https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/easy-youtube-video-downl-10137/easyytvd

Click [+ Add to Firefox]. Jika kemudian Anda diminta untuk menentukan pilihan antara Easy Youtube Video Downloader atau Best Video Downloader, pilih saja yang pertama (Easy Youtube Video Downloader). Jika proses instalasi telah selesai, langsung saja coba link Youtube ini (tak perlu restart Firefox):

SABAARRR!! Jangan di-play dulu!! Nenek bilang, sedikit lebih menahan diri sering membuat sesuatu yang menyenangkan jadi terasa jauh lebih nikmat, OK?  :mrgreen:easyytvd_(after)

Perhatikan monitor. Mulai sekarang, setiap kali Anda membuka halaman Youtube, maka di dekat ikon [Like/Dislike] akan muncul tombol baru: [Download]. Heh..heh…


Kualitas (gambar dan suara)

Jika kita click [Download], akan muncul pilihan. Ikon menunjukkan jenis file (not balok untuk file audio, slide untuk file film/video dst), sedangkan posisi menunjukkan hirarki kualitas yang tersedia (semakin ke atas berarti kualitasnya semakin baik).

easyytvd_(menu)Jadi jika kita hanya ingin melakukan grab terhadap audionya saja (tanpa gambar), kita mempunyai empat pilihan (MP3-64k dengan kualitas terendah hingga M4A dengan kualitas suara terbaik).

Untuk video, FLV 240p adalah kualitas terendah yang sering kita dapatkan secara default saat kita melakukan akses ‘secara normal’ di Youtube (FLV adalah kode untuk flash files, MP4 untuk MP4 files, dan ‘p’ berkaitan dengan resolusi pixel-nya).

Sebagai langkah pengujian pertama, cobalah download versi MP4 360p-nya (tinggal click saja). Jika proses download telah selesai, silakan play. Lumayan untuk keluarga, bukan? Jika sudah puas, lakukan hal yang sama untuk versi FLV 240p-nya. Perhatikan bahwa untuk kedua jenis format ini, meski selisih size-nya tak seberapa, kualitasnya jelas jauh berbeda.

Perlu diketahui bahwa keragaman pilihan download yang ada tergantung dari database yang ada di Youtube serta kemampuan add-on ini untuk mendeteksi varian yang tersedia. Jadi untuk file lain, bisa saja jumlah pilihannya berbeda.


Yang perlu diingat

Video MP4 1080p dan MP4 720p, biasa debut [true] hi-definition, meski tajam namun membutuhkan waktu download yang jauh lebih lama (alias konsumsi bandwidth yang lebih besar, yang artinya uang lebih banyak). Selain itu, video (software) papan atas ini sering memerlukan media (hardware) yang juga papan atas (seperti hi-definition TV dengan sound-system canggih), atau kelebihannya tidak akan begitu terasa. Jadi jika hanya untuk dinikmati di komputer atau TV yang biasa-biasa saja, kelas MP4 360p umumnya sudah relatif memadai baik dari aspek gambar maupun suara (bisa Anda nilai sendiri dari hasil download yang baru saja Anda lakukan).The Muppets_ Pöpcørn[(000747)23-43-24]

Belum lagi soal space (kapasitas hard-disk). Pada file Pöpcørn di atas, besar file versi FLV 240p tak sampai 9 MB, tetapi size untuk versi MP4 1080p hampir 100 MB atau lebih dari 10x lipat(!). Ini jelas bisa sangat tidak menguntungkan jika sisa space pada hard-disk relatif tinggal sedikit atau koneksi sedang lambat. Lain halnya dengan versi MP4 360p yang hanya 15.2 MB, misalnya (yang kualitasnya sudah jauh lebih baik dari FLV 240p akan tetapi dengan konsumsi space yang tak sampai 2x lipat). Agar lebih jelas, perbandingan size-nya adalah sebagai berikut:

  1. MP4 1080p – 96.6 MB
  2. Mp4 720p – 58.71 MB
  3. MP4 360p – 15.2 MB
  4. FLV 480p – 31.4 MB (versi FLV dengan kualitas lebih baik lagi)
  5. FLV 360p – 18.8 MB(versi FLV dengan kualitas sedikit lebih baik)
  6. FLV 240p – 8.32 MB (versi FLV dengan kualitas terendah)

Jadi agar efektif dan efisien, jika mendapatkan sebuah link, hal pertama yang paling logis kita lakukan adalah mem-play-nya terlebih dahulu dalam versi yang kualitasnya paling rendah (yang size-nya paling kecil) yaitu FLV 240p (jika perlu, bisa dicek pada ikon change quality yang berbentuk seperti roda bergerigi). Maksudnya adalah, jika baru melihat sebentar ternyata sudah tidak suka, kita bisa langsung close (tak perlu menunggu selesai) sehingga terhindar dari pemborosan (waktu, tenaga, bandwidth, dan uang). Jadi hanya files yang kita inginkan saja yang akan kita download, sesuai dengan kebutuhan (tidak harus yang kualitasnya paling baik).


Yang agak ala hacker

Sudah mempunyai downloader sendiri dan tidak suka dengan add-on? Tak masalah. Video di YouTube, selain versi default yang biasa kita jumpai, mempunyai berbagai versi (standar) lain yang bisa kita download, dengan atau tanpa add-on di atas.

Bagi yang tertarik lebih jauh dengan metode ini silakan mencari referensi tambahan sendiri. Di sini sengaja tidak dibahas panjang lebar karena nanti akan membuat karakter blog ini menjadi lain.

Cara mengaksesnya adalah dengan menambahkan kode format tertentu pada ujung belakang link Youtube yang hendak kita download. Jadi jika misalnya kita ingin bernostalgia dengan Mas Gary Moore (yang sering menemani hari-hari kita di t’Buko) melalui lagu ‘Parisienne Walkways’ dengan link

http://www.youtube.com/watch?v=pokx_73tDFE

maka yang kita inputkan ke dalam program downloader kita adalah link tersebut yang sudah ditambah dengan kode formatnya, sehingga linknya menjadi seperti ini:

Gary Moore - Parisienne Walkways[(009673)23-41-53]

http://www.youtube.com/watch?v=pokx_73tDFE&fmt=18

Sebagaimana konser-konsernya yang lain (di mana sang empu selalu berimprovisasi), versi live yang ini juga ada sedikit perbedaan dengan versi studionya, meski dijamin tetap Gary Moore, tetap Parisienne Walkways. Jangan lupa, jika Anda penikmat blues/rock, sangat disarankan untuk tidak menontonnya langsung dari YouTube melainkan dengan men-download-nya terlebih dahulu (baik dengan menggunakan add-on di atas atau program downloader Anda sendiri), agar benar-benar bebas lagging saat menikmatinya (Oya, jangan lupa: subwoofer).  😎

*******

Sekali lagi, harapan penulisan cara mengunduh ini adalah agar teman-teman sidang pembaca yang budiman bisa memanfaatkan internet secara lebih efektif dan efisien, dan bukan sebaliknya. Selamat menikmati YouTube dengan kualitas lebih baik.

*******

PS:
Untuk para penggemar Paman Gary, jika ingin menikmati live beliau di Montreux tahun 1999 di atas yang berkualitas high-definition dengan durasi sekitar 30 detik lebih panjang—sedikit lebih lengkap di awal dan di akhirnya (dan dengan ratio yang tanpa efek stretched), silakan coba link ini:

http://www.youtube.com/watch?v=TE7-3vxHlQY&fmt=22

—————————————

YouTube Uploaders:
– muppetsstudio (Pöpcørn)
– bluesrock1000 (Gary Moore – Parisienne Walkways, high-quality)
– doctorblues53 (Gary Moore – Parisienne Walkways, high-definition)

From → Code Blue

One Comment
  1. Warning!!

    Karena beberapa alasan keamanan sistem, terutama yang berkaitan dengan ‘Best Video Downloader’ atau ‘Easy YouTube Video Downloader’ versi update-nya, sangat disarankan untuk memperhatikan panduan di atas dengan baik serta membaca comments pada situs yang bersangkutan (untuk mengetahui perkembangan terakhir).
    Atau yang lebih aman dan mudah, gunakan saja cara alternatifnya yaitu: yang agak ala hacker.
    Anda sudah diperingatkan.

    For some securitity issues, it is strongly recommended to read the above instructions carefully, and to read the comments on the page of the site in question as well (for some latest reference).
    Or better still, use the second method
    (yang agak ala hacker) instead.
    You have been warned.

Comments are closed.